Batal Kontrak Pemerintah Grobogan dan Balai Pustaka

Rabu, 03 September 2008 | 12:38 WIB

TEMPO Interaktif ,  Grobogan: Terkait pengadaan buku, Pengadilan Negeri Grobogan membatalkan kontrak kerja yang dibuat pihak Pemerintah Kabupaten Grobogan dengan PT Balai Pustaka.

Pengadaan buku pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah hingga Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan pada tahun 2004 tanpa melalui proses tender. “Perjanjian kontrak itu cacat hukum,” ucap Ketua Majelis Hakim, Sutadi Widayanto, yang dihubungi Rabu (3/9).

Putusannya sendiri dibacakan Selasa siang (2/9), dengan dihadiri kedua penggugat dan tergugat, masing- masing pihak Pemerintah Grobogan diwakili kuasa hukum, Ahmad Sahrudin SH dan pihak Balai Pustaka diwakili kuasa hukumnya Sinto Ari Wibowo.

Menurut Hakim Sutadi, perjanjian kontrak itu menyalahi prosedur Keputusan Presiden No 80 tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa. “Berdasarkan ketentuan itu, harus diputus melalui tender. Tapi dalam pelaksanaannya, dilakukan pemerintah Grobogan dengan dasar penunjukan,” ucap Sutadi. “Karena itu perjanjian kontrak batal demi hukum”. Karena itu, pengadilan juga menolak gugatan Balai Pustaka.

Atas putusan itu, pengacara Pemkab Grobogan menyatakan pikir- pikir. “Kami harus konsultasi dulu dengan pihak pemerintah,” ucap Ahmad Sahrudin. Sementara pihak Balai Pustaka menyatakan bahwa keputusan majelis itu kurang tepat. “Sebab pengadaan buku termasuk barang spesifik sehingga bisa dilakukan tanpa melalui tender,” ucap Sinto Ari Wibowo, yang akan berkonsultasi dulu dengan Balai Pustaka.

Gugatan Balai Pustaka diajukan ke pengadilan karena terkait belum dibayarnya kekurangan pembayaran uang buku sebesar Rp 10 miliar, dari nilai kontrak Rp 36,3 miliar. Karena sebelumnya sudah dilakukan penagihan berulangkali pihak Pemerintah Kabupaten Grobogan tidak memenuhi kekurangan itu, lalu Balai Pustaka menggugat melalui pengadilan sebesar Rp 25 miliar pada Pebruari lalu.

Tempo| Bandelan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: