“Pembelajaran Berbasis Fitrah”

Buku baru terbitan Balai Pustaka yang ditulis oleh Achyar Chalil dan Hudaya Latuconsina. Harga Rp 36.000,-

Kekuatan sebuah buku umumnya terdapat pada konsep yang melandasi. Juga pada kesesuaian alur penulisannya dengan sekuen logika. Namun buku ini tidak demikian. Sang penulis bukan sekadar guru, melainkan sangat mencintai pendidikan. Ia mempunyai pengalaman panjang sebagai pendidik. Ia memiliki perasaan mendalam tentang proses belajar, terutama yang dirasakan oleh para siswa ‘terbuang’. Ia juga memiliki perjalanan spiritual. Paduan semua itu mengantarkannya pada ‘penemuan’ konsep menakjubkan : pembelajaran berbasis fitrah.

Ini memang bukan buku yang sangat sempurna. Namun buku ini memiliki daya getar kuat yang tak dimiliki banyak buku lain. Daya getar yang dapat membalik proses belajar menjadi efektif dan menyenangkan. Bukan hanya bagi siswa, melainkan juga bagi pendidik.

(Dr. Zaim Uchrowi, penyuluh perubahan, CEO Balai Pustaka)

————————————————-

Buku ini mencoba mengurai bagaimana model pembelajaran berbasis fitrah yang bertumpu pada perolehan bashirah melalui aktivitas zikir terus-menerus di dalam hati dan dengan keyakinan tinggi akan kemahakuasaan Allah. Setelah peserta didik memperoleh bashirah, barulah peserta didik dianggap siap untuk memahami materi pelajaran yang diajarkan.

Ujicoba yang dilakukan oleh penulis buku ini ternyata memberi dampak positif terhadap peserta didik untuk menyadari pentingnya belajar menguasai kompetensi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(Drs. H.A. Sholeh Dimyathi, MM, Ketua Umum Dewan Pembina Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia, AGUPENA)

cover-PBF

cover-PBF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: